Skip to content

Selamat Datang

Assalamualaikum,…

Ini merupakan blog post pertama di website ini, disini saya hanya ingin menjelaskan mengapa web ini dibentuk? Dan diantara sekian banyak kanal youtube yang sudah membahas bahasa arab, baik menggunakan bahasa arab-inggris-maupun indonesia, mengapa saya masih menambah ini? dalam bentuk web pula.

Dahulu ketika masih kuliah, saya mengajar les bahasa arab dan juga memiliki teman-teman yang juga megajar bahasa arab. Baik itu berupa les di rumah, mengisi sekolah maupun mengajar kelompok bapak-bapak untuk belajar bahasa arab.

Beberapa kali saya bercerita/sharing dengan mereka terkait cara mengajar mereka. Dan jawaban yang saya dapat pun beragam, namun seperti ada satu benang merah “tidak bertujuan membuat orang diajar mahir”. Jawaban mereka kurang lebih seperti ini “mereka masih bersemangat, jangan menyurutkan semangat mereka”, “kita mengajar buku ini saja, karena ini paling mudah untuk dipahami” -setelah selesai beberapa saat, ganti buku karena terlalu lama. “yang penting ngajar saja, karena mereka mau belajar”, atau jawaban yang semacamnya.

Jawaban-jawaban tadi tentu saja tidak salah, usaha dan niat baik seseorang pasti akan ada hasilnya dan Allah subhanahu wata’ala tak mungkin menyia-nyiakan amalan hamba-Nya, hanya saja saya rasa kok sayang kalau belajar bahasa arab tapi tidak tuntas. Tidak sampai mahir.

Iya, untuk mahir memang membutuhkan banyak sekali hal selain sekadar belajar les (apalagi hanya online). Perlu menghafal kosakata, mendengar native speaker, membaca buku dll. Tapi tentu saja salah satu yang paling penting adalah belajar dari sumber yang memang ditujukan untuk orang yang ingin mahir. Bukan sumber yang “sekadar mengajar”.

Ingat, belajar bahasa hanyalah sebuah alat. Sebagian besar pembaca website ini (kalau bukan semuanya) dapat dipastikan belajar bahasa arab untuk mengetahui islam lebih dalam. Karena -sebagaimana yang kita tahu- sumber agama islam ya buku-buku berbahasa arab, atau para ulama yang banyak berbahasa arab.

Disadari ataupun tidak, akses kita ke agama akan lebih luas jika belajar bahasa arab. Karena banyak sekali buku-buku agama yang tidak diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia. Pun, biasanya buku-buku yang diterjemahkan ke dalam bahasa kita adalah buku yang isinya bersifat “umum”, seperti; tazkiyah nufus, fikih-fikih dasar, kisah-kisah, dll. Masih jarang buku terjemahan yang spesifik membahas satu permasalahan secara detil.

Buku-buku yang membahas secara detil biasanya ditujukan untuk mereka yang serius mendalami agama. Salah satu indikatornya; memahami bahasa arab. Jadi bukan hal aneh jika hanya sedikit yang menuliskannya dalam bahasa indonesia. Karena ya itu, menurut mereka, orang-orang yang ingin mengetahui hukum secara spesifik sudah pada lancar bahasa arab. Buat apa diterjemahkan lagi.

Karena bahasa adalah alat, dan bukan tujuan sesungguhnya, maka akan sangat disayangkan jika seseorang belajar bahasa arab hanya sebagai selingan. Seharusnya ini menjadi salah satu yang ia prioritaskan. Dimana memahami bahasa adalah salah satu kunci awal yang akan membuka banyak sekali pintu-pintu kebaikan dalam agama.

Pada akhirnya, selamat belajar. Silahkan kobok-kobok isi website ini. Tak ada kata terlambat untuk memulai.

Tentu saja website ini masih jauh dari kata sempurna. Masukan dan kritik akan sangat kami hargai.

Wassalam

NB:

  1. Setiap komen harus menunggu aproval (penyetujuan) dari admin. Jadi tidak akan langsung bisa muncul.
  2. Kami juga memiliki kanal di youtube. Silahkan lihat di bagian kontak.
  3. Blog ini masih baru, sehingga masih banyak tombol yang belum bisa di klik. Harap dimaklumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *